Cek Hal-Hal Ini Saat Servis Motor Matic


Motor matic

Perawatan motor matic merupakan aspek penting dalam menjaga performa dan keamanan berkendara. Salah satu perawatan yang sangat penting adalah perawatan oli, yang memastikan mesin motor tetap berfungsi dengan baik. Berikut adalah artikel tentang perawatan motor yang berguna bagi Anda.

1. Perawatan Oli

Oli mesin adalah komponen vital yang menjaga mesin motor tetap terlumasi dan bekerja dengan baik. Oli membantu mengurangi gesekan antara komponen mesin, menjaga suhu mesin tetap stabil, dan menghilangkan kotoran dan partikel yang dapat merusak mesin. Oleh karena itu, perawatan oli sangat penting dalam menjaga kinerja motor Anda.

Cek oli secara teratur

Pastikan untuk memeriksa tingkat oli secara teratur, setidaknya sekali sebulan atau setiap 1.000 kilometer, tergantung pada penggunaan motor Anda. Jika tingkat oli terlalu rendah, tambahkan oli sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan oleh produsen motor.

Ganti oli secara berkala

Ganti oli mesin setiap 3.000 hingga 5.000 kilometer, atau sesuai dengan rekomendasi produsen motor. Jika Anda sering menggunakan motor dalam kondisi yang berat atau di jalan yang berdebu, pertimbangkan untuk mengganti oli lebih sering.

Gunakan oli yang sesuai

Gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi produsen motor Anda. Oli yang berkualitas baik akan membantu menjaga kinerja mesin dan memperpanjang umur mesin.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km/2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.


2. Periksa sistem pengereman

Sistem pengereman yang baik sangat penting untuk keamanan Anda saat berkendara. Pastikan untuk memeriksa sistem pengereman secara teratur dan menggantinya jika diperlukan.

– Periksa kampas rem: Periksa ketebalan kampas rem secara teratur, dan ganti jika sudah mencapai batas keausan yang dianjurkan oleh produsen.

– Cek cairan rem: Pastikan cairan rem selalu dalam kondisi baik dan pada tingkat yang tepat. Ganti cairan rem setiap 1-2 tahun, atau sesuai dengan rekomendasi produsen.

3. Periksa tekanan ban

Tekanan ban yang tepat sangat penting untuk kinerja motor dan keamanan berkendara.

– Periksa tekanan ban secara teratur, setidaknya sekali sebulan atau sebelum perjalanan jarak jauh.

– Gunakan tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi produsen motor Anda.

– Periksa kondisi ban, termasuk aus dan kerusakan, dan ganti ban jika diperlukan.

4. Periksa sistem kelistrikan

Sistem kelistrikan yang baik sangat penting untuk menjaga kinerja motor Anda dan memastikan bahwa lampu dan klakson berfungsi dengan baik.

– Periksa baterai secara teratur, dan pastikan terminal baterai bersih dan kencang.

– Ganti baterai jika sudah lemah atau mencapai akhir masa pakainya.

– Periksa kabel dan konektor, dan pastikan tidak ada kerusakan atau korsleting.

5. Lakukan perawatan rutin

Perawatan rutin, seperti penggantian filter udara dan busi, sangat penting untuk menjaga kinerja motor Anda dan mencegah kerusakan yang lebih serius.

– Ganti filter udara setiap 10.000 hingga 15.000 kilometer, atau sesuai dengan rekomendasi produsen motor.

– Ganti busi setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer, atau sesuai dengan rekomendasi produsen motor.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Untuk servis yang bagus, memang penting mencari bengkel servis motor berkualitas, seperti Planet Ban. Di sana, kamu bisa dapatkan servis motor dengan performa mesin seperti baru. Servis mesin rasa baru ini merujuk pada sistem servis terpadu yang bertujuan meningkatkan performa dan ketahanan motor secara efisien dan hemat biaya.


Sistem servis terpadu atau yang dikenal juga dengan servis motor rasa baru bertujuan untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan hemat biaya. Pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru difokuskan pada bagian vital yang jarang diservis, seperti bagian yang letaknya tersembunyi, dan jarang dicek dan disetel secara rutin.

Keuntungan Servis di Planet Ban

Dengan menggunakan oli dan cairan khusus yang memiliki teknologi tinggi, performa motor dapat ditingkatkan dan mesin dapat terlindungi dengan baik. Hal ini dapat membuat mesin menjadi lebih tahan lama dan jarang mengalami kerusakan.

Jika digabungkan dengan penggunaan suku cadang asli, penggunaan motor menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin menjadi lebih dingin, dan tarikan menjadi lebih enteng.

Cukup ganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5000 km (atau sekitar 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering pergi ke bengkel. Selain itu, hal ini juga dapat menghemat biaya servis.

Dengan melakukan servis motor secara teratur, kamu juga dapat membantu menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor dapat berkurang. Dengan demikian, kamu juga ikut serta dalam upaya pelestarian lingkungan.

Perbedaan Planet Ban dan Bengkel Motor Matic Lain

Jika kamu melakukan servis di bengkel lain, kemungkinan masih ada kotoran, debu, atau sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan, blok CVT seringkali terdapat kotoran dan debu yang membuat motor terasa berat.

Namun, jika kamu melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya akan dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran, sehingga terlihat seperti mesin baru.

Dengan melakukan servis motor di Planet Ban, motor kamu akan terasa seperti memiliki mesin baru. Hasilnya, tarikan menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin menjadi bersih total. Harga untuk melakukan servis motor di Planet Ban yang selengkap ini juga sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi, hanya dengan Rp20.000,-, sedangkan untuk servis CVT sekaligus rantainya hanya dengan Rp19.500,-, bahkan untuk servis throttle.


Perawatan motor matic, terutama perawatan oli, sangat penting untuk menjaga performa dan keamanan berkendara. Dengan melakukan perawatan rutin dan memeriksa sistem motor secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa oli motor matic Anda berfungsi dengan baik dan motor Anda aman untuk digunakan.


13 tanggapan untuk “Cek Hal-Hal Ini Saat Servis Motor Matic”

  1. Adikku cewek baru pertama kali punya motor sendiri. Beberapa waktu lalu jatah servis gratis dari bengkel resmi selesai. Pas mau servis mandiri dia bingung dan tanya suamiku “kalau mau servis tu apa aja ya yang minta dicekin” aku ngakak. harusnya dia baca artikel ini 😅

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *