Penghargaan Liebster Award – Akhirnya, Aku Ditantangin Juga!

Halooo, yeorobun (dikeplak pembaca)! Aku mau nulis ala-ala hari ini. Btw, aku nulis random ini ditantang sama Mbak Yustrini buat tukeran backlink dengan menulis post blog. Namanya Liebster Award. Apa sih ini? Yuk lah kenalan lebih dalam!

Liebster Award, Penghargaan buat Blogger ‘Tersayang’

Blogger tersayang lagi, eaaa.

Hahaha, pede sekali ya saya. Jadi, Liebster Award itu (dari hasil riset) adalah penghargaan dengan memberikan gambar secara estafet.

Manfaatnya adalah untuk mempererat persahabatan antar blogger. Makanya aku bilang ‘famous’, terkenal. Ya walaupun terkenal di antara teman sendiri. Jadi, bahagia karena masih ada yang inget aku. Eaaa.

Awalnya muncul penghargaan ini nih karena ada blogger dari Jerman yang menantang 11 teman blogger lain. Setelahnya, ke-11 teman itu nantang orang lain lagi dan menyebar. Sekarang bisa sampai ke Bantul, Indonesia, tempatku ini.

Kata ‘Liebster’ ini dari Jerman btw, artinya tersayang. Uhui, aku salah satunya. Makanya, abis ini aku mau tantang blogger lain yang kusayang. Mau ya ditantangin, plis!

Manfaat Ikutan Liebster Award dan Aturannya, Nih!

Kalau kita menulis dan menitipkan link di blog lain itu akan meningkatkan performa blog. Selain itu kita juga mempererat tali silaturahmi antar blogger (karena kan kita kudu japri orangnya dan minta persetujuannya).

Kalau Liebster Award sendiri sudah resminya ada aturan sendiri, aku kutip langsung dari blog Mbak Yus yaa! Ini dia:

  • Mengucapkan terima kasih kepada pemberi tantangan atau pemberi anugerah Liebster Awards.
  • Menyematkan link tulisan tantangan Liebster Awards dari si pemberi tantangan. Link tulisan ya, bukan hanya alamat blognya saja.  
  • Menuliskan 7 fakta tentang diri sendiri.
  • Menjawab 7 pertanyaan yang diajukan oleh pemberi tantangan Liebster Award.
  • Menantang 7 blogger lainnya untuk melakukan hal yang sama.
  • Memberi 7 pertanyaan kepada 7 blogger yang kita anugerahi Liebster Awards.
  • Menyisipkan alamat blog dari 7 blogger yang kita anugerahi Liebster Awards 
  • Menulis poin 1 sampai 7 tersebut ke dalam blog masing-masing, dan jangan lupa menyisipkan logo Liebster Awards di dalamnya.

Oke aku mulai ya tantangannya. Yang pertama adalah:

7 Fakta Tentang Dhita Erdittya (Aku)

Komposterku.

1. Suka Hal-hal Baru.

2. Ambivert.

3. Sangat Perasa (Emosional).

4. Sedang dalam Tahap Menerima.

5. Penyuka komposter (pernah aku tulis di sini), drakor, editing tulisan dan video, bercerita, membaca, parenting dan semua yang berhubungan dengan rumah tangga.

6. (Berusaha) Hidup Minimalis.

7. Suka hal praktis tapi tidak membebani Bumi (less waste).

Gak perlu penjelasan ya, karena nanti curhaaat jatuhnya. Hahaha.

Oke lanjut tentang jawaban dari pertanyaan Mbak Yus ke aku. Ini dia yang beliau tanyakan.

7 Pertanyaan dari Mbak Yus buatku dan Jawabannya

1. Mengapa kamu membuat blog? Sebutkan alasannya!

Awalnya, blogku ada di https://www.dhitaerdittya.wordpress.com yang dibuat karena tugas kuliah. Isinya tentang pendidikan IPA, sesuai jurusan kuliah waktu itu. Tahun 2010 kalau gak salah bikinnya.

Lalu aku kembangin di 7 tahun berikutnya (ya Allah, lama nganggur) saat ketemu Mbak Dian yang ngajakin ngeblog ‘serius’. Jadilah blog dhitaerdittya.com ini. Karena emang udah terbiasa nulis diary, jadi suka aja nulis walau random. Nah kalau ngeblog serius ini kan ngelatih diri buat nulis yang bisa bermanfaat buat orang lain.


2. Apa yang kamu lakukan untuk bisa mengusir rasa bosan saat di rumah saja?

Nonton drakor pastinya. Selain itu, karena memang fokus ke pengobatan anak (pernah saya tulis di sini), aku lebih banyak upgrade diri tentang kerumahtanggaan.

Misalnya nih, food prep, masak cepet sehat, beberes efektif efisien, belajar tentang tanaman dan komposter, lalu ikut kelas yang berkaitan dengan hal-hal tadi.

Aku dan teman-teman blogger saat event.


3. Apa sih makanan favoritmu?

Aku suka banget sama protein hewani, khususnya ikan keranjang 😍. Cuma gak bagus juga kalau hanya makan itu, jadi aku makan makanan favorit diimbangi sayur dan buah. Sayur favoritku adalah selada mentah, apalagi kalau digado pakai daging sapi sama sambel. Kalau buah favoritku itu pisang ambon.


4. Hal sederhana apa yang bisa bikin kamu bersemangat setiap hari?

Melakukan hal baru dan berkaitan dengan kesukaan. Aku adalah orang yang ‘bosenan’ jadi biar konsisten sesuai track aku kudu bikin hal baru walau cuma nyari resep cara masak cumi dengan metode baru atau gimana caranya lipat pakaian dengan menyenangkan di Google atau YouTube.

Salah satu playlist di YouTube Dhita Erdittya yang bikin aku bersemangat tiap hari.

5. Sebutin sebuah tempat di Indonesia yang paling kamu suka, sampai kamu memiliki impian bisa tinggal di sana.

Sebenarnya gak tau juga sih tempat yang bikin aku kerasan dan akhirnya suka tuh apa. Aku gak pernah banyak keliling kota di Indonesia. Tapi kalau ditanya impian, pasti aku milih Purwokerto. Selain dekat rumah orangtua dan mertua, lokasinya pas aja.


6. Pernah nggak mengalami perbedaan budaya atau yang disebut “culture shock” di sebuah tempat baru? Coba ceritakan.

Sering banget karena aku sering pindah kontrakan. Kalau ditotal dari zaman SMA, aku udah 16x ganti tempat tinggal. Di Purwokerto 3x, di Semarang 2x, di Jogja terbanyak 11x.

Pindahnya ya karena culture shock dan ternyata baru ngeh aku gak bisa adaptasi. Akhirnya gak nyaman, setahun pindah. Atau paling cepet tuh pernah 2 bulan aja pindah. Tapi terlama ya sekarang ini, mau 3 tahun masih di kontrakan yang sama.

Culture shocknya yang paling sepele tuh kebiasaan warga di sekitar. Aku yang anak rumahan (banget), jarang tetangga yang langsung kelihatan dari rumah (dulu rumahku tuh depan SD, kiri warung makan, kanan kebon, dan belakang baru rumah Mbah). Jadi sering kaget kalau ada tetangga yang lewat depan kontrakan. Apalagi kami merantau kan cuma bertiga, gak bisa nebeng nama orangtua di sana buat sapa-sapa. Hihihi.


7. Jika sedang berpergian, barang apa yang wajib banget kamu bawa?

Bawa diri 😅 lalu mukena, tas belanja, botol air isi ulang, wadah makan isi ulang, hand sanitizer, handuk lap kecil, headset, dompet dan HaPe.

7 Pertanyaan Buat Blogger Selanjutnya

1. Punya blog ini karena apa?

2. Apa 1 kata yang kamu banget?

3. Apa benda yang sangat ingin kamu punya? Kenapa?

4. Jika kamu harus pindah dari suatu tempat, satu hal apa yang menyebabkan kamu memilih tempat baru itu?

5. Pernah gak merasa hidupmu ‘belum indah’? Kenapa?

6. Sebutkan orang-orang atau hal yang menginspirasimu?

7. Hal apa yang kamu sukai sampai kamu rela tidak dibayar?

Terima kasih yang mau mengikuti tantangan ini. Aku menantang (baru) 2 orang ini yaitu Mbak Yulia Hartoyo dan Mbak Dian Farida. Kita kenalan bentar ya sama blogger yang kita yang dan dapat Lieber Award dari aku.

Yang pertama, Mbak Yulia ini adalah raw food chef enthusiast. Beliau suka banget bikin makanan yang unik, alami dan sehat dan mewujudkannya di WarungSae agar manfaatnya semakin tersebar. Beliau juga adalah graphoterapi analysist.

Yang kedua adalah Mbak Dian Farida. Beliau adalah traveling blogger yang sudah melalang benua. Terakhir ke Turki, negaranya Pak Erdogan. Selain itu, beliau baru saja rilis buku Parenting tema tantrum loh.

Terima kasih ya sudah mau menerima tantanganku. Soon aku update lagi jika ada teman blogger lain yang mau menerima tantanganku ini.

Terima kasih telah berkunjung dan berbagi komentar di dhitaerdittya.com

error: Content is protected !!