Tips Cegah Anyangan-anyangan, Jadi Ibu yang Aktif dan Percaya Diri

Dipublikasikan oleh dhita pada

Kerjaan yang mengandalkan fokus di depan latop kayak gini bikin galau hati kalau sakit. Apalagi kaluarga jadi prioritas.
Sumber: Dok. Pribadi

Ibu Harus Sehat: Sebuah Quote

Menjadi seorang ibu itu dituntut sehat. Kalau kata quote-quote terkini tuh, ayah sakit, anak sakit, ibu tak boleh sakit. Hahaha. Tapi emang bener sih, ibu adalah koentji (kunci) di dalam keluarga. Ibu yang bisa menjaga kesehatan akan menularkan kesehatan juga kepada anak dan suaminya. Ibu yang sehat akan lancar bekerja dan berkarya.

Sayangnya, kesehatan tak selalu dapat terpelihara. Apalagi job seorang ibu yang 24 jam 7 hari non stop. Kayak saya, hehe. Saat mengerjakan pekerjaan rumah ditambah job menulis, saya sangat fokus. Sampai-sampai saya lupa main ke toilet buat pipis. Iya, saya menahan pipis karena malas ke kamar mandi.

Menahan pipis emang enggak sehat!
Sumber: ilustrasi/thinkstock

Pernah kan ya, saat kita merasa “duh tanggung” lalu menahan pipis dan akhirnya lupa sampai kebelet akut? Saya pernah, Saudara-saudara, dan akhirnya bikin kegiatan BAK (Buang Air Kecil) sakitnya minta ampun. Saluran kemih rasanya panas terbakar, pipis keluar sedikit-sedikit. Udah gitu enggak ngerasa tuntas. Sakit, ya Allah!

Akibat paling enggak nyaman adalah saya jadi berpindah fokus ke area saluran kemih terus menerus. Lagi ngerjain tulisan, duh pengen pipis. Lagi nyuci piring, duh pengen pipis. Ngurus suami dan anak, duh kebelet. Dan itu saya rasakan berhari-hari. Belum lagi saat ada event keluar. Ya Allah, so sad! Karena enggak tahan sama keadaan itu, akhirnya saya periksa ke dokter.

Kok, Bisa Sih Anyang-anyangan?

Dokter mendiagnosis saya terkena ISK. Gejala sakit yang saya rasakan membuat saya diberikan antibiotik untuk melawan bakteri E. Coli, si penyebab anyang-anyangan datang.

ISK adalah kependekan dari infeksi saluran kemih. Yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran kemih. Ini terjadi karena mikroba. Eh tapi jangan khawatir dulu, ISK merupakan salah satu infeksi yang paling umum terjadi. 

Dari penelitian, 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK. Dua di antaranya mengalami ISK berulang. ISK biasanya kita sebut dengan anyang-anyangan. Eh, kenapa wanita ya yang lebih rentan? Boleh nih disimak biar kita bisa lebih aware. Secara anatomi saluran kemih wanita lebih dekat dengan anus.

Oya, penyebab ISK itu paling besar dari bacteria E. Coli. Hidupnya di saluran pencernaan. Biasanya ikut keluar lewat anus bersama feses. Bakteri ini yang enggak sengaja pindah ke saluran kemih dan nempel di dinding saluran. Kalau didiamkan, jadilah ISK. Hiiii!

Kapok dengan semua penderitaan saya yang bikin kegiatan sehari-hari enggak nyaman, saya sampai berada di fase, “Saya harus berubah!”

Alhamdulillah sekarang saya sudah punya tips pencegah anyang-anyangan tersebut. Mau tahu enggak? Mau tahu banget?

Tips Cegah Anyang-anyangan

Dari hasil belajar via internet, bertanya ke dokter, lalu ikut talkshow kesehatan, saya dapat tips ini nih untuk mencegah ISK atau anyang-anyangan. Cek yuk!

  1. Arah membasuh saat cebok. Ini termasuk cara membasuh/cebok setelah pipis. Karena kebiasaan, banyak orang yang salah arah saat cebok. Arah yang benar adalah membasuh dari depan ke belakang. Artinya saat cebok, bersihkan vagina dulu baru anus. Ini agar bakteri E. Coli tidak berpindah.
  2. Hindari toilet yang kurang bersih dan air kotor. Biasakan membawa air minum dalam botol. Saat darurat, air minum bisa dipakai membilas saluran kemih dengan aman.
  3. Jangan menahan saat kebelet pipis. Disarankan untuk setidaknya mengeluarkan air kencing maksimal 5 jam sekali. Saat kebelet, air kencing harus segera dikeluarkan.
  4. Biasakan membuang air kencing sebelum dan sesudah hubungan badan bagi pasangan suami istri. Saat hubungan, tubuh rentan memindahkan cairan dan saat itu bakteri rentan juga menyebar. Dengan membuang air kencing, sekalian membersihkan saluran kemih.
  5. Mengonsumsi makanan/minuman pencegah ISK. Minum air saja tidak cukup kalau kita sudah mulai anyang-anyangan. Mungkin membantu, tapi belum menyelesaikan masalah. Menurut penelitian, terdapat buah yang mengandung Proantocyanidin (PAC) dan berfungsi mencegah penempelan bakteri E. Coli pada dinding saluran kemih. Jadi, setelah E. Coli keluar dari tubuh bersama air kencing. Nama buahnya adalah Cranberry.
Buah Cranberry
Sumber: healthline.com

Cranberry, Ada Enggak sih di Indonesia?

Sayang banget, cranberry jarang ditemukan semudah pisang di Indonesia. Harganya juga mahal. Selain itu, buahnya harus dijus dulu agar dapat terserap. Nah, kabar gembira untuk kita semua, khususnya wanita, cranberry kini ada ekstraknya.

Serbuk cranberry kemasan satu kali konsumsi bisa didapatkan dalam Prive Urican Plus. Kayak gini nih penampakannya.

Sehari minimal minum Jus Cranberry 1 kali. Satu sachet 150 ml.
Sumber: Dok. Pribadi

Karena rasa asli cranberry sendiri yang agak pahit dan asam, Prive Uricran Plus menyulapnya dalam serbuk minuman yang manis asam. Teksturnya berupa granula atau serbuk, jadi gampang banget diseduh.

Air untuk menyeduh memakai air suhu normal saja. Prive Uricran Plus dibuat kemasan per boks 15 sachet isinya. Mau tahu komposisinya? Ini nih, ada 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit. C, 0,1 mg Lactobacillus achidophillus, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum.

Untuk hasil maksimal, jangan lupa untuk mengonsumsi 2 gelas (@150 ml) jus Cranberry per hari. Berapa lama? Minum setiap hari, kurang lebih dalam 10 hari.

Nah, cara kerja Jus Cranberry Prive Uricran Plus ini persis seperti buah Cranberry. Jus ini mengandung Proantocyanidin (PAC). Pencegahannya dengan melibas penempelan bakteri E. Coli pada dinding saluran kemih. Jadi, setelah E. Coli keluar dari tubuh bersama air kencing, maka ISK pun hilang.

Amankah untuk ibu hamil?

Risiko selain wanita pada umumnya adalah ibu hamil. Biasanya para ibu hamil khawatir akan kesehatan janin saat mengonsumsi suplemen. Ibu hamil juga berisiko terkena anyang-anyangan lebih besar. Alhamdulillah, Prive Uricran Plus ini aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Lalu, Belinya di mana?

Kita bisa membelinya di toko apotek offline terdekat seperti Century, Guardian, Watsons, Kimia Farma, Viva health, dan apotek lain. Untuk memuaskan rasa kepo akan Jus Cranberry ini, kita bisa kunjungi uricran.id. Bisa juga kunjungi akun FB Prive Uri-Cran dan akun Instagram @uricran.id

Prive uricran datang, anyang-anyangan hilang!
Sumber: Dok. Pribadi

Alhamdulillah, karena saya sudah menemukan tips tepat mencegah anyang-anyangan ini, saya jadi merasa nyaman. Lebih percaya diri, aktif dan merasa bisa diandalkan oleh keluarga. Semoga apa yang sudah saya bagikan, dapat bermanfaat ya untuk kita semua. Aamiin.

Salam santun, Dhita Erdittya

#pruveuricran #womenscommunity #combiphar #JogjaSolo

Sumber artikel:

  • Hasil talkshow oleh dr. Muhammad Nurhadi Rahman, SpOG dengan tema Aktif dan Percaya Diri dengan Memelihara Saluran Kemih di The Rich Hotel Jogja, Sabtu, 13 Juli 2019.
Kategori: FoodHealth

dhita

Seorang ibu dengan dua kesatria. Guru anak-anak. Berkarya dari rumah. Sedang belajar less waste, apalagi plastik.

Terima kasih telah berkunjung dan berbagi komentar di dhitaerdittya.com