Menu

Catatan Editor: Penulisan Anda, Kapital atau Tidak?

9 Oktober 2019 - Education

Sebagai warga negara yang baik, memakai bahasa Indonesia secara baik pun sangat diperlukan. Akhir-akhir ini, sering saya temukan ada yang belum tahu cara menulis kata anda dengan benar.

Banyak yang menuliskan kata anda di mana pun kata itu berada dalam kalimat. Apakah kamu juga termasuk yang belum tau cara menulis anda?

Sejarah Penulisan Kata Anda

Rosihan Anwar, seorang wartawan zaman dulu pernah menjelaskan sejarah kata Anda. Tulisan itu terbit di Kedaulatan Rakyat tanggal 14 Februari 1977 dengan judul “Kata “Anda” Berusia 20 Tahun”.

Yang mencetuskan bukan Rosihan, melainkan seorang perwira AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) bernama Kapten Sabirin.

Beliau memperkenalkan Anda kali pertama dalam Surat Kabar Pedoman pada tanggal 28 Februari 1957 sebagai kata pengganti orang kedua.

Cara Menulis Anda dalam EYD

Dalam menulis, huruf kapital diperlukan dalam beberapa penyebutan nama. Misalnya nama orang, nama geografi, nama perusahaan atau apapun.

Nah, penulisan kata anda pada kalimat adalah memakai huruf awal kapital, yaitu Anda. Ini berlaku di mana pun kata itu berada. Saya akan beri contoh dengan beberapa kalimat.

Contoh 1

Anda sudah makan spageti tadi, apa Anda lupa?

Contoh 2

Saya tidak suka dengan Anda, maaf. Yang lain saja.

Contoh 3

Dia, Anda, dan saya berada dalam satu kelompok. Mari kita bekerja sama!

Bagaimana, sudah paham kan sampai sini?

Bahasa Indonesia, Bahasa Kita

Bahasa Indonesia kalau bukan kita, siap lagi yang akan merawat? Anak cucu kita akan hilang bahasa mereka sendiri dan tergeser dengan bahasa luar.

Bukannya tak boleh memiliki kemampuan dalam bahasa lain. Malah dianjurkan untuk ‘menaklukan’ dunia. Tapi alangkah baiknya, bahasa kita sendiri harus paham dulu sebagai dasar.

Seperti penulisan Anda sesuai EYD atau sekarang bernama EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) ini, apakah penulisan Anda kapital atau tidak, kita sudah mendapat jawaban yang tepat di sini.

Sampai sini, ada yang masih ingin ditanyakan? Mungkin nanti bisa jadi bahan saya menulis materi tulisan selanjutnya.

Selamat bersenang-senang dengan bahasa kita!

Terima kasih telah berkunjung dan berbagi komentar di dhitaerdittya.com