Re-opening Taman Air Menari Gratis di Jogja

Dipublikasikan oleh dhita pada

Re-opening Taman Air Menari

Gerakan Bergerak Minimal 30 Menit

Tahu enggak, ternyata di Indonesia sudah ada himbauan Dinkes untuk bergerak minimal selama 30 menit dalam sehari. Biasanya, saya ngajakin anak jalan-jalan pagi. Namanya anak tuh seneng banget kalau diajak bergerak. Fitrah manusia memang, biar manusianya sehat. Tapi apa sih hubungannya antara bergerak dan sehat?

Kenapa Harus Bergerak?

Data Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa 33.5% masyarakat Indonesia di atas usia 10 tahun kurang melakukan aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik berguna untuk kebugaran tubuh, juga membantu stimulasi motorik halus dan kasar, dan penyerapan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak.

Bergerak Aktif untuk Anak

Kata dr. Mei Neni, hal yang perlu diingat itu adalah tubuh yang sehat adalah kombinasi antara nutrisi yang sehat dengan tubuh yang banyak bergerak aktif sejak dini. Jadi, kalau salah satunya tidak dipenuhi, akan terjadi risiko seperti diabetes melitus, hipertensi, dan jantung. Gerak aktif juga membantu optimasi proses metabolisme tubuh dan perkembangan otak.

Nah, begitu besar manfaat menggerakkan tubuh, apa mau kita lewatkan?

Wahana Gratis untuk Kesehatan Keluarga

Jogja kota istimewa seperti itulah sebutannya. Selama Sembilan  tahun saya menetap di sini, selalu ada saja pembaharuan yang bikin saya jatuh cinta. Salah satunya obyek wisata di tengah kota Jogja yang mengedukasi. Taman Pintar Yogyakarta namanya.

Wahana bermain di sana banyak banget. Ada yang indoor dan outdoor. Mulai dari sains, seni, bahasa, ada di Taman Pintar Yogyakarta. Salah satunya adalah Taman Air Menari untuk bermain air secara cuma-cuma.

Peluncuran Kembali Taman Air Menari

Pembukaan Kembali dihadiri dokter anak, ibu yang berpengalaman, pihak Taman Pintar dan Danone.

Nah, setelah beberapa lama Taman Air Menari (TAM) yang launching tahun 2008, tahun 2019 ini menjadi tahun barunya. Re-opening TAM menjadi salah satu bentuk aksi positif Danone di Indonesia. Kerja sama panjang dari 2014 ini berlangsung dengan Taman Pintar Yogyakarta.

Tanggal 2 Juli 2019 menjdi hari bersejarah juga bagi saya. Selain re-opening Taman Air Menari, saya bisa main lagi ke sana mengajak anak. Sudah lama saya menantikan momen ini.

Untuk bermain di TAM, kita hanya perlu membawa baju ganti dari rumah. Bisa juga bawa makanan dan minuman pelepas kelaparan setelah bermain. Jangan takut anak terpeleset, TAM menyediakan keset karet yang mencegah anak terjatuh. Selain itu, kita juga bisa main perang air dengan tembakan yang ada di empat penjuru di sekeliling TAM. TAM dibuat dalam bentuk lingkaran. Di tengahnya ada jamur besar untuk bertepi. Air mancur keluar dari dalam lingkaran yang agak turun dari lantai depan Taman Pintar.

Enggak bawa baju dan konsumsi untuk anak? Jangan khawatir juga. Di sebelah barat TAM menyediakan baju bernuansa Taman Pintar dan Yogyakarta. Toko ini menyediakan pula souvenir yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Stan-stan makanan juga banyak berdiri di sekeliling halaman Taman Pintar.

Untuk mandi, anak bisa mandi di pancuran yang terpisah dari TAM. Pancuran mandi ini terletak di sebelah selatan TAM. Ada dua pancuran yang bisa dipakai untuk membilas tubuh. Berganti pakaian dapat dilakukan di toilet yang terletak di selatan Masjid Taman Pintar (area Taman Pintar bagian Timur).

Komitmen Danone Sarihusada di Indonesia

Sebagai kelompok usaha yang peduli akan kesehatan anak Indonesia, Danone di Indonesia dengan visi “One Planet, One Health” berkomitmen untuk membawa kesehatan ke sebanyak mungkin masyarakat dunia melalui makanan dan minuman termasuk edukasi nutrisi, hidrasi sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, hingga aktivitas fisik yang teratur.

Salah satu bentuk aksi positif yang dilakukan oleh Danone di Indonesia adalah sebuah kerjasama panjang dengan Taman Pintar Yogyakarta dengan menghadirkan dukungan terbaru yaitu Wahana Taman Air Menari. Wahana ini merupakan wahana luar ruangan yang bertujuan untuk mengembangkan sisi kognitif dan motorik anak-anak di Yogyakarta untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Pengalaman Emak-emak Bikin Anaknya Sehat

Berfoto di depan Taman Air Menari

Dulu banget, sekitar tahun 2011, anak sulung saya berusia 2 tahun. Permainan yang disukainya adalah main air. Main air dari pancuran jadi kesehariannya. Dulu juga, saya sering bingung kalau ajak anak main air di pusat kota. Ada sih semacam waterpark atau kalau mau bisa ke pantai, tapi kadang pas bokek penginnya yang deket plus gratis.

Sayangnya, banyak mainan yang rusak. Himbauan untuk orangtua untuk mendidik anaknya merawat fasilitas umum. Biasanya gratis menjadikan orang enggak peduli terhadap fasum.

Nah, tanggal 2 Juli 2019, saya menjadi salah satu peserta undangan yang beruntung dpat hadir re-opening Taman Air Menari. Kenapa untung? Saya salah satu ibu yang suka banget ajak anak ke Taman Pintar Yogyakarta. Dengan ikut acara ini, saya bisa lebih banyak share informasi penting dengan bumbu pengalaman riil saya.

Ternyata, Danone Sarihusada sudah hampir 15 tahun bekerja sama dengan Taman Pintar dalam mengedukasi anak Indonesia. Pernah lihat ada gambar brand Danone di Tampin, kan? Danone berusaha untuk mendukung anak Indonesia dalam hal yang nutrisi lewat dan wahana untuk beraktivitas. Biar terintegrasi.

Dalam acara ini juga, saya dapat ilmu baru betapa pentignya nutrisi dan stimulasi dipadukan. Makanan yang didapat anak di atas usia dua tahun dapat mengikuti panduan Isi Piringku. Panduan ini terdiri dari 50% buah dan sayur, serta 50% karbohidrar dan protein. Jadi, seimbang. Protein untuk anak sebaiknya lebih banyak hewani. Daging merah menyimpan kandungan zat besi untuk tumbuh kembang anak.

Zat besi ini yang mendukung anak bertumbuh. Fakta yang menyedihkan, Indonesia memiliki 3 dari 10 anak yang mengalami stunting. Stunting itu lambatnya tumbang. Bisanaya sih ditandai dengan pendek, BB kurang, dan perkembangan lambat.

Saya baru tahu juga kalau pertumbuhan dan perkembangan anak itu saling memengaruhi. Jika anak tumbuh dengan baik, maka perkembangannya juga baik. Pertumbuhan bisa dilihat dari tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, atau yang menunjukkan angka ukuran tubuh. Untuk perkembangan lebih kepada sudah sejauh apa anak bisa melakukan sesuatu, seperti merangkak, jalan, berlari, berbicara, dll.

Jadi, yuk ajak anak main ke Taman Air Menari di Taman Pintar Yogyakarta. Letaknya enggak jauh dari Malioboro, kok. Jadi, setelah belanja di Beringharjo, kita tinggal jalan kaki ke selatan setelah toko Progo.

Dukung anak sehat dengan terus bergerak!


dhita

Seorang ibu dengan dua kesatria. Guru anak-anak. Berkarya dari rumah. Sedang belajar less waste, apalagi plastik.

Terima kasih telah berkunjung dan berbagi komentar di dhitaerdittya.com