Resto Wisata Joglo Pari Sewu, Menikmati Kuliner Sambil Bermain di Tepi Sungai

Dipublikasikan oleh dhita pada

Kalau lagi weekend tuh, rasanya pengen refreshing bareng keluarga. Apalagi saya yang suaminya kerja dari Senin sampai Sabtu, bahkan kadang Minggu. Jadi, kalau ada kesempatan free aja sehari, suami atau saya pasti ngajakin main ke mana gitu.

Resto wisatanya seger banget yaa

Wisata Jogja menawarkan banyak pilihan. Ada pantai seperti Parangtritis atau Krakal, ada gunung seperti Merapi, ada taman bermain pendidikan seperti Taman Pintar, ada juga wahana bermain air dan lain-lain.

Biasanya, saya dan suami memilih tempat wisata yang setidaknya semuanya kejangkau. Yang paling utama tuh tempat bermain anak. Sekalian belajar di lingkungan wisata itu. Anak-anak kan perlu bereksplorasi biar banyak terstimulasi.

Selain bisa belajar, kami pun suka mencari tempat wisata yang aman dan nyaman bagi anak. Misalnya permainan di sana sesuai usia anak. Walaupun diawasi, terkadang anak-anak balita suka nyelonong hahaha. Lari ke sana kemari. Kan butuh banget tempat yang sesuai dengan mereka.

Kalau nyaman, kami memilih tempat yang ada toiletnya, musala/masjid, dan ada yang jual makan hehe. Asyik kan ya, bisa main. Abis itu capek dan laper, kami bisa langsung cus mengenyangkan perut. Apalagi anak kami yang kalau makan enggak bisa ditunda.

Pilihan wisata di Joglo Pari Sewu

Setelah lama enggak main bareng, Sabtu kemarin tanggal 13 April 2019, kami refreshing. Ada undangan ke Joglo Pari Sewu. Tempatnya di Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Dari Candi Sambisari, kita bisa terus ke utara.

Kami datang pukul 8 pagi dan di sambut ramah oleh salah satu waitress. Setelah asyik berkeliling, berfoto dan lari-lari (anak saya maksudnya), kami diajak makan bersama dengan konsep yang wah! Kalau kamu mau membayangkan, suasananya kayak di pasar papringan yang ngehits itu. Iya, makannya di bawah rumpun bambu. Namanya Taman Bambu.

Monggo, mau pesan apa?

Uniknya, untuk makan kami hanya perlu bawa vocer. Jadi, saat di kasir, kita bisa menukarkan sejumlah uang dengan vocer tadi. Untuk weekdays, kita bisa menukarkan minimal Rp20.000 dengan empat vocer. Saat weekend, minimal Rp25.000 dengan vocer 5 eks. Jadi kalau dihitung, satu vocer bernilai Rp5000.

Vocer ini bisa dipakai juga untuk memasuki tempat wisata di resto ini. Ada rumah boneka dan naik floating boat kecil maupun besar.

Oya, kalau masih bingung soal pervoceran, di akhir tulisan saya tulis lengkap paket wisata dan biayanya ya.

Berapa sih vocer yang ditukar untuk setiap permainan?

Untuk rumah boneka, kita bisa menukarkan dua vocer per orang. Floating boat kecil hanya dengan tiga vocer dan ukuran besar dengan empat vocer.

Kalau untuk makanan, bagaimana menukarnya?


Nasi sayur buntil plus teri sambal. Lauknya tahu santan dan sate ati. Nyum!

Di area prasmanan, ada satu petugas khusus yang akan memandu kita saat pesan makanan. Begitu juga di area minuman. Yang kemarin saya pesan adalah nasi sayur (maksimal 2 macam sayur) seharga 2 vocer. Kalau ingin tambah lauk, bisa menukar vocer lagi. Saya pesen sate ati dan tahu jadi 1 vocer aja. Suami dan anak pesen sop cakar singkong seharga 1 vocer.


Sop cakar ayam singkong

Wedang Jahe dan Wedang Uwuh favorit!

Untuk minuman, suami pesen wedang uwuh dan saya pesen jahe. Masing-masing sama-sama bernilai 2 vocer. Kalau anak saya pesan jeruk hangat senilai 1 vocer.

Setelah kami mengenyangkan perut, wahana air menyapa untuk dinikmati. Karena anak enggak jadi bawa baju renang, plus kedalaman kolam renang alami sampai 2 meter, ya menikmati sungai yang bening dan berbatu menjadi pilihan. Duh, jadi inget masa kecil dulu ke sungai nyeser (menjaring) ikan. Hahaha.


Menyusuri sungai yang jernih.

Jangan khawatir, toiletnya deket banget kok sama sungainya. Jadi setelah selesai nyemplung, kita bisa langsung berganti pakaian.

Saat kami melewati jalan ke toilet, seorang anak sedang memanah sebuah papan sasaran. Nah, ini dia jemparingan course yang ada di Joglo Pari Sewu. Masih gratis loh kalau mau nyoba memanah.

Setelah asyik menikmati keindahan alam di dekat sungai, kami naik lagi ke dekat kasir. Di sana terdapat Rumah Boneka. Bisa membayangkan ya, apa aja isinya.

Rumahnya para boneka

Saat masuk, anak kami seneng banget memeluk banyak boneka. Apalagi ada temannya yang datang juga ke sana. Mereka main dengan gembira. Saat masuk, kita bakal disapa beraneka jenis boneka. Ada beruang, boneka donat, boneka tokoh kartun. Asyiknya, rumah ini beneran seperti rumahnya para boneka. Mereka semua punya ruang tamu, ruang makan, dapur, hihihi.

Oya, untuk masuk Rumah Boneka hanya dihargai dengan 2 vocer alias Rp10.000. Abis itu kita bisa puas mau foto ala instagram. Ya abis tempatnya emang instagramable sih.

Kenangan indah saat kecil kebanyakan didapat dari interaksi sama keluarga, terutama ayah bundanya. Nah, saat ada waktu untuk quality time, bisa banget kita cari tempat yang semuanya ada. Main, mengabadikan kenanga juga mengenyangkan.

So, resto wisata ini bisa jadi tempat rekomendasi di Jogja utara. Yang mau berknjung silakan kepoin:

  • www.jogloparisewu.com
  • IG: @jogloparisewu
  • FB: Joglo Pari Sewu
  • Twitter: @parisewu

Alamatnya di Bromonilan RT.008/RW.003, Bromonilan, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571 .

Nih, saya kasih bonus foto-foto di sana yaa. Selamat menuliskan list tempat refreshing selanjutnya.


Nah, ambil makanan secukupnya aja ya. Jangan ada sisa.

Seneng banget ada resto yang peduli bumi kayak gini.

Area prasmanan makanan. Yuk dipilih-dipilih!

Area makan di bawah pepohonan dan dekat sungai.

Dari sini, kita bisa lihat sungai dari atas.

Paket Wisata
Untuk memudahkan dan memberikan pilihan yang menarik bagi pengunjung, Joglo Pari Sewu mempunyai banyak pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan pelanggan, dengan sistem pembayaran menggunakan kupon wisata yang bisa digunakan untuk pembayaran makanan, minuman dan keperluan wisata lainnya seperti masuk rumah boneka dan naik floating boat.

Nah, ini janji saya soal paket lengkapnya di Joglo Pari Sewu. Cek yuk!

Penukaran kupon bisa dilakukan di kasir atau meja yang disediakan dengan ketentuan:

  • Weekday : penukaran awal minimal Rp.20rb, mendapat 4 kupon
  • Weekend : penukaran awal minimal Rp25rb, mendapat 5 kupon

Kupon yang sudah didapat hanya berlaku untuk hari yang sama dan tidak bisa diuangkan kembali.

Paket Wisata Pagi Weekday
Paket wisata alam, berfoto di spot wisata alam sepuasnya dan sudah termasuk mendapat 4 kupon, hanya Rp.20.000/orang. Paket Wisata pagi weekday, berlaku di jam 07.00 – 09.00 WIB.

Paket Jajan Weekend

Paket wisata alam, berfoto di spot wisata alam sepuasnya dan sudah termasuk mendapat 5 kupon, hanya Rp.25.000/orang. Jika cuaca memungkinkan, menu makanan akan disajikan outdoor di Taman Bambu. Selain untuk jajan/kuliner, voucher juga dapat digunakan untuk masuk ke rumah boneka dan naik floating boat. Paket jajan Weekday berlaku di jam 07.00 – 10.00 WIB

Paket Wisata Air dan Rumah Boneka
Paket wisata berenang, naik floating boat dan masuk rumah boneka, hanya Rp20rb/orang atau 4 kupon, sangat ekonomis jika dibandingkan beli per tiket yang dikenakan harga normal yaitu:

  • Naik floating boat kecil : 3 kupon/orang/10 menit
  • Naik floating boat besar : 5 kupon/orang/10 menit
  • Masuk rumah boneka : 2 kupon/orang.

Paket Wisata Air dan Rumah Boneka berlaku di sepanjang hari dan jam operasional, 07.00 – 18.00, khusus untuk berenang dan floating boat, hanya sampai jam 16.00.


dhita

Seorang ibu dengan dua kesatria. Guru anak-anak. Berkarya dari rumah. Sedang belajar less waste, apalagi plastik.

17 Komentar

Dian farida ismyama · 15 April 2019 pada 1:02 pm

Jadi skrg di Jogjlo Pari Sewu pakai voucher2an Mbak? Wah menarik, ada kolam renang nya pula

Miss Riana · 15 April 2019 pada 1:05 pm

Rekomended banget nih buat menikmati kuliner Murmer bareng keluarga. Oh ya, maaf belum paham, vocher itu tadi ditukarnya di resto itu ya mbak?

agi tiara · 15 April 2019 pada 1:56 pm

mba dhittaaa ini koneksiku yang error apa emang fotonya ga muncul ya πŸ™ padahal udah kepo sama joglo pari sewunyaaaa

Yustrini · 15 April 2019 pada 11:42 pm

Sudah pernah ke sana tempatnya bagus dan nyaman, suasana makan di pedesaan dan di pinggir sungai. Pas ke sana bayarnya biasa nggak pakai vocer, mungkin sekarang beda konsep ya?

Agi tiara · 16 April 2019 pada 12:42 am

Wah seru nih! Tempatnya ijo gitu ya? Cakeeep kayanya juga nyaman buat kumpul keluarga kalo lagi pada wisata ke jogja ❀️❀️❀️

Mini GK · 16 April 2019 pada 1:09 am

Cakep. Aku sudah datang ke sini tempo hari. Seru banget. Sayang belum kesampaian mainan air. Besok besok deh kukesana lagi

agatavera · 16 April 2019 pada 1:57 am

Wahhhh belum pernah kesini mbak, aku agendakan kesana deh, banyak spot lucu buat poto2 yaakkkk

vika · 16 April 2019 pada 2:46 am

Menunya bikin laper mbak, apalagi suasananya di alam terbuka. Setelah puas main air bisa cuss makan kembulan dengan keluarga.

Nisya Rifiani · 16 April 2019 pada 2:50 am

Wuh seruu nih, jalan-jalan kesana.. lalu makan lanjut pephotoan… dan ternyata bisa maen air di kali juga toh, baru atau akutu…

Juliastri Sn · 16 April 2019 pada 6:44 am

Wah, recommended banget nih. Kapan-kapan pengin liburan bareng keluarga kesini πŸ™‚

Sapti nurul hidayati · 16 April 2019 pada 7:53 am

Waah… Tampaknya menyenangkan sekali… Sayang kemarin ga bisa ikut karena barengan dengan acara lain. Kapan-kapan cuzz ah ke sini… Tfs mb. ..

Wiwin Pratiwanggini · 16 April 2019 pada 7:53 am

Waaahhhh.. asyik bangettt nihhh..
Cocok banget kalo aku kesitu sekeluarga, pasti pada happy bangetttt!!
Makasih review dan rekomendasinya, ya, Dhittt..

Hanifa · 16 April 2019 pada 10:11 am

Waaa asyik banget nih vibe nya Joglo Pari Sewu. Adem, tentram, nyaman… Kayanya ramah anak juga karena ada area penuh mainan dan boneka yang bisa bikin anak-anak ikutan happy waktu orang tuanya menikmati kulineran di sana πŸ˜€

Mei · 16 April 2019 pada 11:41 am

Enak ya suasananya kayaknya berbau alam gitu, ada sungainya. Makannya bisa di bawah pohon-pohon bambu gitu seru, berasa di mana gitu. Kayaknya makanannya juga makan tradisional gitu ya, sekali-kali bisa dicoba niy 😍😍😍

Disma · 16 April 2019 pada 9:18 pm

Seneng deh kalo ke tempat makan yang tempatnya bagus gini, sambil makan bisa sambil menikmati suasana. Apalagi kalo sama krucil, merekanya jadi bisa main, nggak bosen (pengalaman pergi sama ponakan, hihi)

Maskris | www.maskris.id · 20 April 2019 pada 8:32 am

Wah, asik banget ya tempatnya.. cocok banget buat ajak keluarga.. πŸ˜€

    dhita · 23 April 2019 pada 11:41 am

    Banget ini hehehe

Terima kasih telah berkunjung dan berbagi komentar di dhitaerdittya.com