Review 14 Hari Keramas Pakai Shampoo ala Thibbun Nabawi, Azalea The Real Hijab Care

Dipublikasikan oleh dhita pada

Memasuki sebuah kafe unik di tengah kota Jogja, saya bertanya ke salah satu pramusaji di sana.

“Mbak, acara shampoo hijab Azalea di ruangan mana ya?” 

Dengan ramah, mbaknya menjawab bahwa acara ada di lantai dua. Maka, bergegaslah saya naik. Sudah ada separuh yang hadir. Kali ini, saya dapat undangan blogger gathering dari Azalea. Sebuah brand dengan produk shampoo yang sedang diusung ini ber-dress code biru putih, menjadi pilihan. 

Kebanyakan yang datang adalah wanita berhijab, nih. Misi apa yang akan dilancarkan ya dengan menyasar hijabers (sebutan wanita berhijab)? Sebentar, mundur lagi deh, saya pengen tau dulu. Pernah denger enggak, shampoo bernama Azalea? Dan apa sih keunggulan yang ditawarkan? Nanti kita bahas di akhir ya. Mau saya ceritain dulu tentang Azaleanya.

Biru hijau nan indah dipandang mata.
(Sumber: Dok. pribadi)

Pak Gondowangi adalah seorang pengusaha yang bergerak pada bidang budidaya rumput laut dan kosmetik sekitar tahun 1970. Mulai tahun 1972 dibukalah Klinik Gondowangi untuk meneliti perawatan rambut. Tiga puluh tahun meneliti, lahirlah shampoo Natur tahun 2000 yang menawarkan shampoo alami dengan bau khas alami, Azalea dikembangkan tahun 2016 terinspirasi Natur. Pengembangannya dalam bentuk modern, eye-catching dan lebih wangi. 

My First Experience

Pulang dari event Azalea, saya diguyur hujan. Tadinya, saya kok merasa akan ada percobaan pakai shampoo ini pas acara, makanya saya sengaja enggak keramas. Eh, ternyata pungguk merindukan bulan eaaa. Tapi, saya senang sekali dioleh-olehi produk Azalea berupa shampoo dan hair mist. Duh, rezeki anak sholehah ini. artinya, saya bisa coba sendiri sensasi thibbun nabawi yang diusung. Tentang thibbun nabawi akan saya jelaskan di bawah subbab ini ya.

Sore harinya, saya udah gatel pengen pakai shampoo, tapi bocah lagi riweuh. Akhirnya saya bergelimang minyak di antara helai rambut. Udah sebal rasanya, pengen cepet-cepet cuci rambut. Biar nemenin anak juga wangi, apalagi suami. Eaaa.

Akhirnya, saya coba negosiasi sama anak. bilang kalau saya mau keramas sebentar saja. Oke fix, saya boleh keramas sementara anak bermain sama Ayahnya. Masuklah saya ke kamar mandi, rambut sudah saya julurkan ke depan. Setelah diguyur air, shampoo saya tuangkan ke telapak. Bentuknya cair berwarna coklat bening. Rasanya segar sekali membaui wangi Azalea shampoo ini. Wanginya soft, enggak bikin kepala puyeng.

Uhm, wanginya segar alami dan soft! (Sumber: Dok. Pribadi)

Terinspirasi dari Thibbun Nabawi

Pernah mencoba pengobatan alami enggak saat sakit? Misalnya nih, saat jerawatan lalu pakai air jeruk nipis yang dioleskan. Saat demam minum air madu, dlsb. Alami berarti natural, sesuatu yang berasal dari alam. “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Bukhari no. 5678 dan Muslim, dari Abu Hurairah). Dari hadits tersebut, kita akan meyakini bahwa setiap penyakit terdapat pula kesembuhannya.

Sebenarnya, thibbun nabawi adalah pengobatan yang didasarkan pada Alquran dan Hadits yang shahih (berasal dari Allah dan juga petunjuk yang mana perantaranya Rasulullah). Hikmahnya nih, kita meyakini sesuatu yang pasti. Bukan sangkaan seperti pengobatan dengan menyandarkan pada selain Allah.

Mungkin, jika melihat riwayat zaman dulu, pengobatan kita sekarang lebih canggih. Namun, pernah berpikir enggak kalau pengobatan saat Rasulullah hidup juga canggih. Diriwayatkan dalam buku Pedoman Penyembuhan Penyakit Menurut Ajaran Rasulullah SAW (2005), bahwa sahabat nabi yang bernama Urfajah Ibn Ash telah kehilangan hidungnya. Hidungnya terpotong saat perang. Para tabib membuatkan hidung palsu, namun setelah beberapa saat hidung palsu itu berkarat. Maka dicarilah logam lain yang anti karat. Ketemulah emas, lalu diusulkannya kepada Urfajah.

Tapi dalam islam, seorang muslim (laki-laki) tidak dibolehkan memakai emas. Maka, Urfajah menemui Rasulullah untuk meminta izin. Ternyata, rasulullah SAW mengizinkannya selama hal itu dianggap mendesak (darurat) demi prngobatan. MasyaAllah. Ini baru salah satu pengobatan sunnah ala Rasulullah. Pengobatan ini dinamakan Thibbun Nabawi.

Nah, dari thibbun nabawi ini produk Azalea didapatkan. Memanfaatkan produk-produk alam seperti Zaitun oil, lidah buaya, dan citrus ekstrak, azalea mennjadi perantara kesembuhan rambut para muslimah. Azalea mengolah ketiga bahan alami tersebut dengan para ahli di dalamnya. Setelahnya mereka mengemasnya agar mudah dipakai sekali tuang. Minyak zaitu dan teman-temannya punya manfaat apa aja sih ya? Yuk kita kulik apa saja manfaat bahan alami yang ditawarkan oleh shampoo hijab ini.

Minyak zaitun

Manfaat Minyak Zaitun (Sumber: @azaleabeautyhijab)

Ekstrak citrus

Manfaat Citrus  (Sumber: @azaleabeautyhijab)

Lidah Buaya


Paska 14 Hari Bersama Shampoo Azalea Hijab Care

Untuk membuat habit, apapun itu, dibutuhkan konsisten.

Dhita Erdittya

Jadi, sepintas yang saya lihat adalah shampoo ini menyasar ke wanita yang memakai hijab. Di mana aktivitas mereka yang harus menutupi mahkota wanitanya ini, membuat banyak permasalahan krusial semisal rambut ketombean.

Eh, yang enggak berjilbab saja ketombean, kok. Celetuk seseorang. Okelah, jadi shampoo ini lebih memvisualkan wanita berhijab. Namun untuk penggunanya boleh untuk semua wanita, pun pria (kalau memang cocok dengan shampoo-nya). Hanya, memang ditargetkan ke hijabers yang utama karena ini:

  1. Wanita Hijab dan Ketombe
    Enggak semua wanita berhijab ketombean. Cuma terkadang dengan aktivitas yang sangat tinggi membuat kebanyakan dari mereka kudu menutup auratnya dengan waktu yang lama. Misalnya saya nih, udah bertahun-tahun pakai kerudung. Ketombe semakin beranak pinak. Gatel minta ampun tuh dulu. Maka, agar selaras kehidupan tanpa terganggu dengan ketombe plus bisa lancar berhijab, shampoo ini hadir.
  2. Wanita Hijab dan Kesegaran Rambut
    Menutup aurat berarti menutup rambut. Maka, kesegaran rambut harus terjaga. Rambut lepek akibat keringat akan menimbulkan bau-bau yang tidak sedap. Nah, Azalea anti dandruff ini membuatmu selalu segar. 
  3. Wanita Hijab dan Rambut yang Sehat
    Dari bahan-bahan alami, shampoo azalea menawarkan perawatan rambut intens. Memakai azalea setiap 2-3 hari sekali berarti kamu sudah merawat rambutmu.

Kemasan warna birunya, membuat mata segar. Ini penti ng bagi alam bawah sadar otak yang akan memulai keramas. Warna coklat bening Azalea mengingatkan saya pada seniornya, Natur. Bau khas bahan alami masih ada dengan wangi shampoo yang tidak mencolok hidung. Saat keramas, busa yang dihasilkan lumayan banyak. Jadi, untuk orang yang menghindari pengunaan busa bisa memakainya lebih sedikit dari penggunaan shampoo yang digunakan. inshaaAllah masih meng-cover seluruh rambut.


Eye catching banget! (Sumber: Dok. Pribadi)

Memakai shampoo Azalea awalnya membuat rambut kering. Seperti saat saya memakai produk shampoo lain. Tapi jangan khawatir, itu salah satu efek detoksnya. Penggnaan shampoo Azalea ini selama dua minggu lamanya (saya menggunakannya 2-3 hari sekali), membuat rambut halus. Asyiknya, wangi rambut masih melekat sampai periode menggunakan shampoo berikutnya.

Jangan lupa membubuhkan hair mist Azalea saat kondisi rambut setengah kering. Semprotkan 10-15 cm dari rambut. Biasanya saya gosok-gosokkan lembut ke seluruh rambut dan kulit kepala. Selain paska keramas, hair mist ini andalan banget buat menghilangkan bau seluruh tubuh, loh. Bahkan suami saya juga ikutan pakai.

Ini nih hair mist yang bahkan suami saya suka juga. (Sumber: Dok. pribadi)

Shampoo hijab ini bakal saya pakai lagi, inshaaAllah. Ketombe saya tidak terlalu banyak lagi dan semoga jadi berkurang ke depannya kalau saya rutin. Karena tak ada yang instan kan? Hehehe. Mi instan aja kudu direbus dulu hahaha.

Oya, kalau mau lebih lanjut kepoin produk-produk Azalea bisa main-main ke instagram @azaleabeautyhijab dan like FB Fanpage Azalea Beauty Hijab ya. Banyak tips gratis juga di sana unntuk rambut, kulit kepala dan perawatannya.

Kategori: Parenting

dhita

Seorang ibu dengan dua kesatria. Guru anak-anak. Berkarya dari rumah. Sedang belajar less waste, apalagi plastik.

18 Komentar

Vika Kurniawati · 9 Desember 2018 pada 12:58 pm

mantap sudah pakai azelea ya. Aromanya memang harum

Nur Hasani Fajriana · 9 Desember 2018 pada 7:11 pm

Makasih kakak infonyaa

Latifah · 10 Desember 2018 pada 1:38 am

Aku juga udah coba kak. Shampoo nya emang mantap. Bisa membuat rambut ku anti lepek

    arnialisha · 11 Desember 2018 pada 4:40 pm

    Bisa buat ketombe ku berkurang bertahap mbak.. Yg bertahap itu kan bagus yaa

Sapti nurul hidayati · 10 Desember 2018 pada 6:37 am

Suka juga dg mistnya, bisa dibawa ke mana2, bikin PD n fresh sepanjang hari

yustrini · 10 Desember 2018 pada 1:36 pm

Warna birunya memang bikin seger di mata.

ismyama · 10 Desember 2018 pada 9:46 pm

Wah hair and body mistnya juga dipakai pak suami ya? Aku malah dipakai anak-anak:)

Arinta Setia Sari · 11 Desember 2018 pada 3:34 am

Daku udah coba Azalea shampoo. Suka baunya. Packaging canteekkk. Hair & Body mistnya baunya kalem kak. Halal lagi 🙂

Wiwin Pratiwanggini · 11 Desember 2018 pada 6:19 am

Lhaaa koq sama kita, percobaan pertama pake Azalea karena pulang kehujanan 😀 . Itu tandanya berjodoh (sama Azalea) hehehe..

Agata Vera · 11 Desember 2018 pada 9:00 am

aku suka aku suka wanginya emang enak banget mbak shampoonya ga menusuk hidung elegant gitu, apalagi body mistnya bisa semprot berkali-kali deh ah

Hapsari Titi Mumpuni · 11 Desember 2018 pada 11:02 am

Waaah, udah cobain sampai berkali-kali yaa, Mbak? Aku cocok banget sama hair mist-nya, udah kubawa kemana-mana jadi gandengan. Eaaa~

krisannisa · 11 Desember 2018 pada 1:47 pm

Terimakasih ulasannya mbak,lengkap sekali. Zaitun oil memang banyak manfaatnya buat kita ya. Cocok deh sama Azalea ini

Kartika Nugmalia · 11 Desember 2018 pada 2:42 pm

Ngerasa lebih nyaman di hati karena pakai metode thibbun Nabawi ya. Alhamdulillah ketemu Azalea yang halal

Laelinhw · 11 Desember 2018 pada 4:25 pm

Mantap akak ditya niih reviewnya lengkap sekali, pengalamannya bisa di share ke Kita kita jadi tahu banyak manfaat shampoonya

agi pranoto · 11 Desember 2018 pada 4:48 pm

wanginya bikin betah keramas deh huhuhuhu seneng sama azalea ini jadinya

Sofia Yuliani · 11 Desember 2018 pada 6:58 pm

Sukaa wanginya Azalea lembut dan tahan lama. Harga terjangkau dan aman dari bahan alami

innaistantina · 12 Desember 2018 pada 6:00 am

Aku baru tau Azalea juga pas acaraaaaa itu, dan setelah pake di rumah beberapa hari langsung cintahhhh

tamasyaku.com · 13 Desember 2018 pada 3:47 pm

Cantik cantik fotonya, mewakili rambut cantiknya Azalea.

Terima kasih telah berkunjung dan berbagi komentar di dhitaerdittya.com